Kiat Praktis Agar Tetap Bugar Selama Berpuasa

Kiat Praktis Agar Tetap Bugar Selama Berpuasa: Saat ini umat muslim telah melaksanakan ibadah puasa wajib 1 bulan penuh ( ^_^ Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1434 H ).

Dari penelitian medis, terbukti bahwa puasa ternyata memang sangat bagus bagi metabolisme dan kesehatan tubuh. Karena dengan berpuasa maka tubuh akan dapat di-detoksifikasi ( racun-racun dalam tubuh dikeluarkan ) dan tubuh akan dapat menemukan metabolisme yang ideal seperti semula.

Namun pada awal-awal puasa sebagai tahapan proses penyesuaian metabolisme, tubuh biasanya memang mengalami sedikit masalah pada kebugaran. Keluhan yang umum adalah tubuh akan merasa lemas, lesu, atau terkendala stamina fisik lainnya.

Setiap orang tentu punya sendiri tips puasa yang sehat atau trik-trik khusus untuk menjalani puasa dengan baik sehingga dapat mengatasi permasalahan stamina fisik tersebut.

Dari beberapa cara dan trik dapat yang dilakukan oleh masing-masing orang, telah kami coba untuk merangkumkannya untuk anda.

Dan berikut adalah beberapa cara praktis agar tetap bugar selama berpuasa :
1. Selalu makan Sahur
Meski agak mengantuk tetap usahakan untuk tetap dapat makan sahur. Makan sahur sangat penting untuk memberikan bekal nutrisi selama seharian berpuasa.

2. Hindari makanan yang mengandung gas
Makanan yang banyak mengandung gas akan menyebabkan rasa tidak enak pada perut dan pencernaan ( jawa : sebah ). Makanan yang mengandung gas antara lain : sawi, kol, buah nangka, kedondong, pisang ambon dan minuman bersoda.

3. Batasi makanan berlemak.
Terlalu banyak asupan berlemak kurang bagus. Karena semakin banyak asupan makanan berlemak, berarti tubuh harus bekerja lebih untuk mengolah lemak dalam tubuh. Makanan yang manis di awal buka jauh lebih baik dari pada makanan berlemak.

4. Selalu konsumsi sayur dan buah-buahan
Ini yang terkadang sering terlewatkan. Ketika puasa kedua jenis asupan ini jusru sering ditinggalkan. Padahal dengan mengkonsumsi sayuran dan buahan, selain bagus untuk pencernaan juga merupakan sumber kaya vitamin yang akan menyebabkan lebih bugar sepanjang hari.

5. Batasi minum teh, kopi dan minuman bersoda
Usahakan untuk membatasi minum teh, kopi dan minuman bersoda paling banyak 2 cangkir sehari. Ini sangat penting untuk mengurangi gejala sakit kepala di siang harinya.

6. Minum air putih, pastikan tubuh tidak kekurangan cairan.
Sebaik-baik minum adalah air putih. Penting untuk mengkonsumsi air minum sebanyak 8 – 10 gelas sehari. Jika kekurangan cairan maka otomatis tubuh akan menjadi lemas. Agar tetap bugar pastikan agar tubuh tidak kekurangan cairan.

7. Tidur yang cukup
Puasa memang akan mengubah pola dan ritme tidur kita . Untuk itu segera lakukan penyesuaian. Pastikan agar porsi tidur tetap cukup seperti sedia kala, terutama bagi para pelajar dan pekerja. Kurang tidur tentu akan menyebabkan gelisah, sakit kepala, juga pencernaan menjadi buruk.

8. Usahakan tidur siang
Meski sebentar usahakan untuk dapat tidur siang. Meski hanya beberapa menit, tidur siang yang lelap akan memberikan energy dan tenaga lebih bagi tubuh.Sehingga tubuh menjadi lebih segar dan bugar.

9. Olah raga
Menjalani puasa tidak berarti berhenti berolah raga. Olah raga akan membantu sirkulasi tubuh berjalan lancar.namun yang perlu diingat adalah agar menyesuaikan porsi olah raga dan tidak memaksa.

10. Sholat tarawih
Dengan sholat tarawih setelah berbuka puasa, maka tubuh melakukan banyak gerakan, sehingga tubuh tetap aktif dan segar. Dengan sholat tarawih juga menjaga agar makanan tidak tertimbun dalam tubuh. Dan yang penting, dengan sholat yang khusu’juga akan meningkatkan daya konsentrasi.

Kiat Praktis Agar Tetap Bugar Selama Berpuasa Nah, dengan melaksanakan 10 cara praktis tersebut, insyaAllah anda akan tetap segar selama berpuasa sepanjang hari.

Selamat mencoba.